Cari Berita

Pengumuman

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

Seminar Peningkatan Prefesionalisme Bidan Melalui Penguatan Etika Profesi Dan Karakter Bidan

Seiring dengan derasnya arus reformasi, kesadaran hukum masyarakat yang semakin meningkat, perubahan gaya hidup, budaya dan tata nilai masyarakat membuat masyarakat semakin peka menyikapi berbagai persoalan, termasuk memberi penilaian terhadap pelayanan yang diberikan oleh bidan. Dalam melaksanakan profesinya bidan tidak dapat melepaskan seluruh rangkaian tugas profesionalnya dari lingkup etika, kode etik profesi, dasar hukum dan aspek legal dalam praktik kebidanan. Kurangnya pemahaman bidan seputar aspek-aspek etikolegal yang berkaitan dengan profesi merupakan penyebab timbulnya sengketa dalam pelayanan kebidanan. Hal ini dapat dicegah jika bidan memahami batasan hak dan tanggung jawab ketika memberikan pelayanan kebidanan.

Program studi DIII Kebidanan dan DIV Bidan Pendidik berupaya menyelenggarakan pendidikan bidan yang berkualitas untuk menghasilkan Ahli Madya Kebidanan professional dan mandiri. Untuk mengoptimalkan kompetensi lulusan selain melalui pembelajaran dikelas tentu saja diperlukan metode belajar yang lain yaitu seminar dengan melibatkan para pakar yang mendukung matakuliah kebidanan sebagai nara sumber. Sehubungan dengan hal tersebut Program Studi DIII Kebidanan Universitas Respati menyelenggarakan seminar tentang “Peningkatan Prefesionalisme Bidan Melalui Penguatan Etika Profesi dan Karakter Bidan”.

Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2014 di Jogja Expo Center dengan mendatangkan tiga orang narasumber yang berpengalaman dibidangnya yaitu Nunik Endang Sunarsih, SIP, M.Sc; dr. Rukmono, Sp. OG dan Laurensia Lawitono ,M.Sc. Seminar diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan dan DIV Bidan Pendidik semester II dan semester VI. Jumlah peserta seminar sebanyak 689 peserta dengan rincian 348 mahasiswa semester II dan 341 mahasiswa semester VI.

Acara seminar dilakasanakan pukul 07.00-14.00 dengan rincian sebagai berikut: Kegiatan pertama yaitu registrasi peserta pada pukul 07.00 sampai dengan jam 08.00. Acara kedua 08.00-08.15 adalah pembukaan dengan sambutan oleh ketua panitia dan Pembantu Dekan Bidang Akademik. Acara Ketiga pukul 08.15-08.30 yaitu Coffe break. Acara keempat pukul 08.30-11.20 penyampaian materi I tentang “Patient Safety dalam Praktik kebidanan untuk Meningkatkan Kesejahteraan perempuan” dan materi II tentang “Ranah Hukum Dalam Konteks Pelayanan Kebidanan”. Acara kelima ishoma dari pukul 11.20-12.30. Acara keenam pukul 12.30-13.40 penyampaian materi III “Peran PP IBI dalam Peningkatan Profesionalisme Bidan Menghadapi Tuntutan Pelayanan Kesehatan yang Aman dan Berkualitas”. Acara terakhir adalah penutup pada pukul 14.00.


Berita Terkait

Prodi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNRIYO Sudah

UNRIYO Peduli Lansia

Seminar Budaya dengan Tema "OUR CULTURE, OUR FUTURE

Mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Gizi UNRIYO Juara III Lomba Dietetic Conte

kerjasama

Kirim Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
irl88Z


Halaman Lain