Cari Berita

Pengumuman

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

Workshop Metode Penelitian Kualitatif

Selama ini penelitian di dunia kedokteran dan kesehatan lebih didominasi penelitian kuantitatif. Sementara ini, penelitian kualitatif lebih diterapkan di ranah penelitian sosial. Padahal dalam ranah kesehatan, sebuah data, apalagi berkaitan dengan manusia, tidak bisa dipandang melulu sebagai hanya sebagai angka semata. Maka penelitian kualitatif perlu juga dipertimbangkan untuk melengkapi sehingga data yang ada akan menjadi lebih ‘hidup’ karena digali lebih mendalam.

Metode penelitian kualitatif yang identik dengan tidak melibatkan angka maupun statistik, bukan berarti lebih mudah untuk dilakukan. Selama ini masih terjadi salah persepsi bahwa hanya dengan wawancara pada beberapa orang, maka sudah layak disebut penelitian kualitatif.

Proses wawancara pada informan atau responden juga bukan hal yang mudah, maka perlu probing atau menggali lebih dalam dengan mempersiapkan pertanyaan sedemikian rupa sehingga informan memberikan informasi yang diinginkan peneliti. Proses mentransfer hasil rekaman wawancara dalam bentuk transkrip yang detail termasuk menggambarkan ekspresi maupun lingkungan , sering diabaikan. Padahal di lapangan kita juga kadang mendapatkan informasi berupa bahasa nonverbal dan sangat bermakna.

Untuk memberi bekal pada dosen di lingkungan UNRIYO dalam membimbing skripsi serta menumbuhkan minat untuk melakukan penelitian kualitatif, maka Program Studi Kesehatan Masyarakat Minat Promosi Kesehatan menyelenggarakan Workshop Metode Penelitian Kualitatif pada hari Sabtu 29 September 2012.

Workshop ini seolah sekaligus mengawali agenda kegiatan di kampus baru Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO). Sejak Senin 17 September 2012 UNRIYO melebarkan sayap dengan menempati gedung baru ‘Kampus Biru’ di Jl. Raya Tajem Km 1.5, Maguwoharjo, Sleman.

Workshop ini diikuti 40 peserta dari dosen UNRIYO maupun dosen dari luar. Narasumber workshop ini adalah Dra Retna Siwi padmawati, MA , Dosen dan Peneliti pada Minat Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan IKM FK UGM.

Materi workshop terbagi atas tiga sesi , pertama mengupas tentang ‘Filosofi, Konsep, dan Metode Kualitatif’, kedua ‘Metode dan Strategi Pengumpulan Data’ dan sesi terakhir “Manajemen dan Analisis Data”. Tiga materi tersebut tentu saja belum cukup dan masih perlu dikembangkan, namun setidaknya diharapkan para dosen sudah mendapat bekal sehingga berminat melakukan penelitian serta mendorong mahasiswa untuk mulai ‘melirik’ penelitian dengan metode kualitatif.


Berita Terkait

International Workshop “Risk Communications for Public Healt

kuliah umum tentang hubungan indonesia australia timor leste oleh Bp. Krist

Kerja Sama Prodi Akuntansi dengan KAP Kuncara

Sistem Informasi

Workshop Penyusunan dan analisis Soal

Kirim Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
EYYo7V


Halaman Lain