Mahasiswa Semester VI Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga UNRIYO Melaksanakan Praktik Komunitas di Wilayah Kalurahan Selomartani.

Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga UNRIYO kembali menurunkan mahasiswa semester VI sejumlah 34 orang untuk melaksanakan kegiatan praktik komunitas di wilayah Kalurahan Selomartani, Kapanewon Kalasan dari tanggal 7 s.d 27 April 2022. Acara penyerahan mahasiswa dilaksanakan di Kantor Kalurahan Selomartani pada tanggal 7 April 2022 dan diserahkan langsung oleh Almira Gitta Novika, S.SiT, M.Kes selaku Ketua Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga dan diterima langsung oleh Bapak Lurah Sigit Tri Suhartoyo. Kegiatan penyerahan dihadiri juga oleh tamu undangan dari kalurahan, Babinkamtibmas dan seluruh Kepala Dukuh di wilayah Kalurahan Selomartani.  Seperti dijelaskan oleh Ketua Program Studi Almira Gitta Novika, S.SiT, M.Kes bahwa kegiatan praktik komunitas merupakan salah satu bentuk aplikasi mata kuliah asuhan kebidanan komunitas yang sudah didapatkan di kelas dimulai dari pengkajian data, analis data dan menentukan intervensi sesuai permasalahan yang didapatkan di keluarga/ masyarakat. Selain itu pesan utama untuk mahasiswa selama melaksanakan praktik di masa pandemi ini, mahasiswa ditekankan untuk dapat mematuhi protokol kesehatan sehingga diharapkan seluruh kegiatan dapat berjalan lancar.

Sebelum mahasiswa diterjunkan ke lahan sudah dilakukan beberapa tahap persiapandan pembekalan kepada mahasiswa. Rangkaian kegiatan praktik komunitas diawali dengan rapat apersepsi dengan lahan praktik pada tanggal 30 Maret 2022 di Kantor Kalurahan yang dihadiri oleh seluruh dosen pembimbing, Kepala Puskesmas, Bidan Desa dan perangkat desa serta seluruh Kepala Padukuhan di Wilayah Selomartani. Dalam kegiatan ini penjelasan pertama diberikan  oleh Bapak Danang Krisnawanto mengenai gambaran praktik di wilayah Selomartani serta penjelasan gambaran masalah kesehatan di Wilayah Selomartani yang disampaikan dari Puskesmas . Acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai kegiatan praktik komunitas oleh ketua panitia Kenik Sri Wahyuni, S.SiT, M.Kes dan ditutup dengan sesi diskusi. Kegiatan pembekalan mahasiswa terlaksana dengan lancar tanggal 6 April 2022 di Aula Kampus II UNRIYO. Materi pembekalan mahasiswa disampaikan oleh  Bapak Maryana selaku wakil dari Kalurahan Selomartani dan dari Puskesmas Kalasan di wakili oleh Bidan Desa Diah Resminingsih.

.

Berita Sebelumnya Prodi Kebidanan Program Diploma Tiga Bekerjasama dengan IHCA (Indonesian Holistic Care Association)…
Berita Selanjutnya Lulusan Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga Fikes Unriyo Mengikuti Sumpah Profesi…